EQUATOR, Pontianak – Perum Damri Cabang Pontianak menyatakan kesiapan penuh dalam melayani angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025 – 2026. Keselamatan, kenyamanan, dan pelayanan prima menjadi prioritas utama perusahaan pelat merah tersebut.
General Manager Perum Damri Cabang Pontianak, Ahmad Bukhari menegaskan, bahwa Damri siap melayani masyarakat dengan aman dan nyaman selama momentum Nataru tahun ini.
“Damri siap melayani angkutan Nataru 2025 – 2026 dengan aman, nyaman, dan tentu penuh kebahagiaan bagi pelanggan,” ujar Ahmad Bukhari, Senin (23/12/2025).
Sebanyak 68 unit armada berupa bus dan truk boks telah disiapkan untuk melayani 20 rute yang tersebar dalam lima segmen bisnis Damri. Mulai dari angkutan antarnegara, antar kota dalam provinsi (AKDP), antar kota antar provinsi (AKAP), logistik, pariwisata, pemadu moda, hingga angkutan perintis ke wilayah pedalaman.
“Momentum Nataru ini kami pastikan keselamatan dan pelayanan menjadi hal yang paling utama agar seluruh layanan dapat berjalan optimal di jalur-jalur yang kami layani,” tegasnya.
Damri mencatat adanya lonjakan penumpang dibandingkan periode Nataru sebelumnya, khususnya pada rute antar kota dalam provinsi. Hingga 23 Desember 2025, peningkatan signifikan terjadi di rute Pontianak – Sintang, Pontianak – Nanga Pinoh, Pontianak – Putussibau, serta Pontianak – Sambas.
“Menyikapi lonjakan tersebut, kami menyiapkan armada tambahan untuk memastikan seluruh pelanggan tetap terlayani dengan baik,” jelas Ahmad.
Lonjakan juga terjadi pada rute antarnegara seperti Singkawang – Kuching dan Pontianak – Kuching. Namun, menurut Ahmad, peningkatannya tidak sebesar Nataru tahun lalu karena telah tersedia alternatif transportasi udara.
“Kendati demikian, layanan antarnegara tetap kami sediakan melalui seluruh kanal resmi penjualan Damri,” ujarnya.
Untuk memastikan keselamatan, seluruh armada telah melalui proses ramp check internal. Pemeriksaan meliputi kondisi mesin, sistem pengereman, AC, kelistrikan, hingga perawatan menyeluruh sebelum dioperasikan.

“Keselamatan adalah hal mutlak. Armada yang beroperasi kami pastikan dalam kondisi prima,” tegasnya.
Damri juga mengantisipasi potensi keterlambatan akibat cuaca ekstrem dan potensi banjir di sejumlah jalur. Penyesuaian jadwal keberangkatan akan dilakukan dengan mengonfirmasi langsung kepada pelanggan.
“Biasanya jadwal kami mundurkan sekitar 30 menit hingga satu jam agar pelanggan tidak terlalu lama menunggu,” ungkap Ahmad.
Selain itu, Damri menghadirkan berbagai promo spesial Nataru 2025 – 2026 sesuai arahan pemerintah. Mulai dari diskon tiket pulang-pergi hingga potongan harga pembayaran menggunakan QRIS melalui kanal resmi DAMRI.
“Beragam promo kami hadirkan agar masyarakat bisa menikmati perjalanan yang lebih terjangkau,” katanya.
Damri juga aktif berkoordinasi dengan forkopimda, BMKG, dan dinas perhubungan. Rapat koordinasi telah digelar sejak 19 Desember untuk memantau perkembangan cuaca dan potensi bencana.
“Posko pemerintah juga aktif. Jika ada potensi gangguan, kami siap melakukan penyesuaian operasional,” terang Ahmad.
Ia berharap pelaksanaan angkutan Nataru 2025 – 2026 dapat berjalan lancar tanpa kendala berarti.
“Harapan kami bersama, Nataru tahun ini berjalan aman, lancar, dan tanpa hambatan,” tuturnya. (Zrn)









Beri dan Tulis Komentar Anda